·
Pengertian
o
Sistem informasi manajemen (SIM) (management
information system, MIS) adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian
internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah
bisnis seperti biaya
produk,
layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen
dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk
menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional
organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada
kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan
terhadap pengambilan
keputusan manusia, misalnya sistem
pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.
o
Sistem
Informasi Manajemen:
Sistem
informasi yang digunakan untuk menyajikan informasi yang digunakan untuk
mendukung operasi, manajemen, dan pengambilan keputusan dalam suatu organisasi
·
Fungsi:
o
Mengonversi data yang berasal
dari TPS menjadi informasi yang berguna untuk mengelola organisasi dan memantau
kinerja
o
Mengembangkan Sistem Informasi
"Tindakan yang diambil untuk membuat suatu sistem informasi yang
memecahkan masalah organisasi disebut pengembangan sistem ". Ini termasuk
analisis sistem , desain sistem , pemrograman komputer / implementasi ,
pengujian , konversi, produksi dan akhirnya pemeliharaan . Tindakan ini
biasanya berlangsung dalam urutan tertentu tetapi beberapa mungkin perlu mengulang
atau dicapai secara bersamaan.
·
Tujuan:
o Menyediakan
informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan
tujuan lain yang diinginkan manajemen.
o Menyediakan
informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan
perbaikan berkelanjutan.
o Menyediakan
informasi untuk pengambilan keputusan.
Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer
dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi
manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya.
Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu
masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi
dibutuhkan dan dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan,
pengendalian dan pengambilan keputusan).
·
Pemakai:
o
Semua level manajemen
·
Karakteristik
SIM
o
Beroperasi pada tugas-tugas
terstruktur.
o
Meningkatkan efisiensi dengan
mengurangi biaya.
o
Menyediakan laporan dan
kemudahan akses yang berguna untuk pengambilan keputusan
·
Macam-macam
laporan yang dihasilkan SIM
o
Laporan periodik : laporan yang
dihasilkan dalam selang waktu tertentu.
o
Laporan ikhtisar : laporan yang
memberikan ringkasan terhadap sejumlah data dan informasi.
o
Laporan perkecualian : laporan yang
hanya muncul kalau terjadi keadaan yang tidak normal.
o
Laporan perbandingan : laporan yang
menunjukkan dua atau lebih himpunan informasi yang serupa dengan maksud untuk
dibandingkan.
·
Keuntungan
o
Perusahaan dapat mengidentifikasi
kekuatan dan kelemahan mereka karena adanya laporan pendapatan, catatan kinerja
karyawan dll Mengidentifikasi aspek-aspek tersebut dapat membantu perusahaan
meningkatkan proses bisnis dan operasi.
o
Memberikan gambaran perusahaan
secara keseluruhan.
o
Bertindak sebagai alat komunikasi
dan perencanaan.
o
Ketersediaan data pelanggan dan
umpan balik dapat membantu perusahaan untuk menyelaraskan dengan proses bisnis
sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Manajemen yang efektif dari data pelanggan
dapat membantu perusahaan untuk melakukan kegiatan pemasaran dan promosi
langsung.
o
MIS dapat membantu perusahaan
mendapatkan keunggulan kompetitif . Keunggulan kompetitif adalah kemampuan
perusahaan untuk melakukan sesuatu yang lebih baik, lebih cepat, lebih murah,
atau unik, bila dibandingkan dengan perusahaan saingan di pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar